Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 7 Mei 2008

Tidak Selalu Identik dengan Pendidikan Mahal

Sekolah bertaraf internasional (SBI) ditujukan untuk memajukan kualitas pendidikan nasional sehingga mampu bersaing dengan pendidikan di luar negeri. Di sisi lain, SBI jangan diidentikkan sebagai sekolah mahal. Kepala Subdinas Pendidikan Menengah dan Tinggi Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat Syarif Hidayat mengatakan demikian di Bandung, Selasa (6/5).

Konsep SBI mempunyai ciri khas dari beberapa aspek, misalnya media pembelajaran yang sudah berbasis teknologi informasi dan menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar dalam menyampaikan mata pelajaran. Penggunaan bahasa Inggris pun tidak semua mata pelajaran.

Menurut Syarif, SBI adalah sekolah yang sudah memenuhi seluruh standar nasional pendidikan dan diperkaya dengan mengacu pada standar pendidikan salah satu negara anggota Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). Depdiknas yang melakukan verifikasi.

Syarif menegaskan, jangan diartikan SBI identik dengan sekolah mahal. Dalam pendampingan sekolah juga diberi subsidi sebesar Rp 300 juta setiap sekolah untuk SMA.

“Pemprov juga memberikan bantuan Rp 17 miliar dan 15 persennya digunakan untuk beasiswa kepada murid yang tidak mampu tetapi berprestasi dan dapat bersekolah ke SBI,” ujarnya.

Kadisdik Jabar Dadang Dally mengatakan SBI memang berimbas pada kenaikan biaya pendidikan. “Akan tetapi, di samping ingin ada pemerataan pendidikan bagi semua kalangan masyarakat, Disdik tidak ingin mutu pendidikan tertinggal. Semua harus berjalan beriringan, ya pemerataan ya peningkatan mutu pendidikan.” (CA-186/CA-178)***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: