Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 7 Mei 2008

Tingkat Kelulusan UN Ditargetkan 97 Persen

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan optimistis target tingkat kelulusan ujian nasional SMP dan SMA sebanyak 97 persen tetap tercapai meskipun ada kenaikan standar untuk rata-rata nilai kelulusan menjadi 5,25. Optimisme tersebut dengan mempertimbangkan pengalaman ujian nasional pada tahun sebelumnya, yang juga berada dalam kondisi serupa tetapi target akhir kelulusan tetap tercapai.

Menurut Ketua Komputerisasi UN dan Penanggung Jawab Hasil UN Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Irianto, Senin (21/4) di ruang kerjanya, peserta ujian nasional pada tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun lalu. Peserta untuk jenjang SMP/MTs mencapai 101.000 pelajar, jenjang SMA sebanyak 56.000 pelajar, dan jenjang SMK mencapai 15.100 pelajar.

Saat ditanya mengenai persentase dan jumlah siswa yang tidak mengikuti UN tahun ini, Irianto belum bisa menjelaskan karena pihaknya belum melakukan penghitungan dan pengecekan.

Menurut dia, data siswa yang mengundurkan diri dari UN baru bisa diketahui paling tidak dua hari lagi setelah seluruh laporan kehadiran peserta terkumpul.

Nilai naik

Irianto juga mengakui, pelaksanaan UN tahun ini akan sedikit memengaruhi target peningkatan kelulusan peserta ujian, baik tingkat SMP maupun SMA. Hal itu karena terjadi kenaikan target nilai terendah setiap mata pelajaran dan target rata-rata semua mata pelajaran.

Ia menjelaskan, kenaikan skala nilai peserta UN di jenjang SMP-SMA tak boleh di bawah nilai 4,25 untuk setiap mata pelajaran. Selain aturan nilai jenjang pribadi, peserta UN juga tidak diperbolehkan memiliki nilai di bawah rata-rata, yakni 5,25.

Melihat itu, dinas pendidikan setempat tidak berani menaikkan target kelulusan. Meski demikian, angka kelulusan tetap ditargetkan 97 persen, sama dengan tahun lalu.

Agar sistem koreksi jawaban berjalan lancar, aman, dan cepat, lembar jawab SMP-SMA akan dikoreksi melalui scanning di provinsi, sedangkan lembar jawaban SD ada di sekolah di kabupaten.

Pemerintah telah menjadwalkan UN susulan bagi siswa yang berhalangan karena sakit. UN susulan untuk SMA diselenggarakan 14 Juli 2008, sedangkan UN susulan jenjang SD-SMP digelar 21 Juni. (ONI)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: