Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 12 Mei 2008

Hadapi UN Siswa-Siswi SMPN 1 Dolopo Ikut Istighosah

Sebanyak 500 siswa siswa peserta ujian nasional di SMP Negeri 1 Dolopo Kabupaten Madiun menjalankan aksi ihtiar batin untuk meningkatkan moril menghadapi ujian nasional yang akan dimulai hari Senin (5/5), berupa istig hotsah atau doa bersama. Cara ini diimbau juga dilakukan pada sekolah-sekolah lain se-Kabupaten Madiun untuk memberi dorongan semangat setelah semua persiapan dan belajar dilakukan oleh siswa dan guru.

Tidak hanya siswa kelas 9 SMP saja yang mengikuti acara doa bersama, tetapi juga seluruh siswa kelaas 7 dan 8. Siswa kelas 7 dan 8 diminta mendoakan kakaknya agar sukses melampaui ujian nasional, sekaligus mendidik siswa kelas 1 dan 2 itu menghayati kese riusan dan persiapan mengahadapi ujian nasional. “Acara ini tidak hanya melibatkan siswa SMP Negeri 1 Dolopojuga siswa tiga sekolah lainnya,” kata Soewarno, BA. Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Dolopo Kecamatan Dolopo usai acara doa bersama kepada wartawan hari Jumat (18/4).

“Ini merupakan cara yang tepat, agar semua pihak disekeliling siswa, termasuk orang tua dan keluarga serta suasan a pertemanan di kalangan siswa seluruhnya terkonsentrasi pada ujian nasional,” kata bapak Kepala Sekolah Ini akan menciptakan lingkungan belajar yang sehat bagi siswa. Tak akan ada lagi ajakan untuk bermain-main dari teman-teman mereka, kecuali setelah ujian selesai nantinya.

SMP Negeri 1 Dolopo lulus 99 persen tahun lalu dengan jumlah siswa 359 orang. Sekolah ini menyelenggarakan try out pula, seperti sekolah lain, hingga empat kali. Tiga kali diselenggarakan serentak seluruh Kabupaten, dan sekali bekerjasama dengan lembaga bimbingan belajar. Hasil try out terakhir, kelompok siswa Bahasa lulus 100 persen, IPA 87 persen, IPS 92,3 persen. Orang tua menyatakan senang dengan acara doa bersama ini.

Ini ikut mempengaruhi orang tua, agar lebih bertanggung jawab terhadap prestasi anaknya. Orang tua juga bisa lebih memahami problem anaknya menghadapi ujian nasional, kata Ny Maini (50-an), salah satu orang tua siswa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: