Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 14 Mei 2008

KEBERSIHAN SEKOLAHKU, SEBAGIAN DARIPADA IMAN SISWA DAN GURU

Kebersihan merupakan faktor yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Baik itu kebersihan pribadi, rumah, pekarangan, kantor, pasar maupun sekolah. kenyamanan kita dalam belajar, bekerja maupun aktivitas yang lain juga tergantung pula dari kebersihan lingkungan yang kita gunakan untuk beraktifitas.

disini penulis hanya ingin mengkritisi tentang kebersihan dari sekolah yang penulis tempati. dalam kurun waktu hampir 2 tahun ini, semenjak diberlakukannya Moving Class, keberihan lingkungan sekolah dan kelas benar-benar kurang diperhatikan oleh siswa, guru dan aparatur sekolah. betapa tidak, kini sampah menggunung dimana-mana.

mengapa demikian ? mungkin alah satunya disebabkan karena masing-masing tingkat kelas, tidak mempunyai ruang tetap kelas. sehingga siswa tidak menghiraukan ruang belajar yang mereka gunakan, karena tidak adanya tanggung jawab dari kelas yang ditempatinya. disisi lain sebagian guru kurang begitu memperhatikan lingkunga kelas yang beliau tempati untuk melakukan aktivitas belajar mengajar. Namun ada pula sebagian guru yang agak memperhatikan kebersihan kelas yang mereka gunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Kadang pada saat jam pelajaran mulai, guru sering memerintahkan murid-muridnya untuk membersihkan ruang kelas mereka yang kotor. hal ini sebenarnya sangat berpengaruh pada kualitas belajar siswa. mengapa ? karena tentunya jam pelajaran menjadi berkurang.

Bagaimanakah ini? dimanakah citra sekolah kita yang dulu bersih, indah dan asri yang sesuai dengan motto Kab. Madiun yang AAPIK? punahkah sudah ?. Kami segenap siswa hanya mampu berharap ketegasan dari para Guru serta aparatur sekolah untuk segera menangani kebersihan sekolah ini.

bagaimanakah fungsi dari para pembantu sekolah (Pak Kebon)? apakah beliau-beliau ini sudah difungsikan dengan baik tugas-tugasnya? Apakah sudah dibagi sama rata tugas serta kewajibannya ?

Bagaimana kita bisa nyaman belajar bila keadaan sekolah yang serba kotor, penuh sampah dan kurang tertata rapi ? keadaan yang seperti itu sangat berpengaruh akan kepribadian serta moral dari para siswa, yang akibatnya moral siswa menurun dan susah diatur atau mentaati peraturan dan ketertiban sekolah. disisi lain, seandainya ada tamu dari DInas Pendidikan baik pusat maupun daerah yang serta merta meninjau keadaan lingkungan sekolah, apakah itu tidak mencoreng muka kita? Bagaimana kalau ada tamu dari sekolah lain yang melakukan study banding dengan sekolah kita baik itu tentang pendidikan, keadaan sekolah dan yang lain, apakah kita tidak malu pula ?

Pernah suatu kejadian yang mungkin sedikit memalukan kita sebagai komunitas sekolah ini. betapa tidak, dulu pernah diadakan Try Out dari Primagama yang bertempat di sekolah ini. dimana try out ini diikuti oleh siswa kelas 6 sekolah dasar. pada waktu itu ada salah satu anak yang menempati ruang kelas dimana keadaan kelas yang mereka tempati sangat semberawur, kotor dan tidak tertata rapi. sehingga anak tersebut mengatakan : “Katanya sekolah SSN, tapi kok keadaan ruangannya kotor, penuh tulisan dibangku, tidak tertata rapi dan masih bagusan dan nyaman sekolah saya.” kata akan tersebut.

Marilah dari opinion diatas, kita semua sebagai komunitas sekolah ini bersama-sama untuk segera membuka mata dan tandang gawe menciptakan sekolah yang tercinta ini penuh dengan keindahan, kebersihan, dan ketertiban. sehingga kita bersama-sama bisa merasakan kehidupan belajar yang tenang, nyaman dan menyenangkan.

Kapan kita mulai ?? Wallohu’alam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: