Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 16 Mei 2008

Lulus UN, Nilai Rata-rata Minimal 5,25

Madiun, Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional menetapkan 5,25 sebagai rata-rata minimal kelulusan bagi siswa peserta Ujian Nasional (UN) untuk tahun pelajaran 2007/2008. Nilai rata-rata ini lebih tinggi dari ketentuan tahun pelajaran sebelumnya (tahun pelajaran 2006/2007) sebesar 5,00.

“Paserta UN dinyatakan lulus jika memenuhi standar kelulusan UN yakni memiliki nilai rata-rata minimal 5,25 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan,” ujar Ketua Kesiswaan, Ibu TITIK NIKMAH HAYATI, SPd. SMP NEGERI  DOLOPO

Ibu Titik mengatakan kelulusan siswa dengan nilai rata-rata minimal 5,25 tersebut dengan catatan bahwa tidak ada nilai 4,25 untuk mata pelajaran yang diujikan. Sementara itu, khusus buat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), nilai mata pelajaran kompetensi keahlian kejuruan yang harus didapatkan siswa agar lulus yakni minimal 7,00. Siswa peserta UN juga dinyatakan lulus jika memiliki nilai minimal 4,00 pada salah satu mata pelajaran, sedangkan nilai mata pelajaran lainnya yang didapat tersebut minimal 6,00.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Kepala SMP Negeri  Dolopo mengatakan siswa tidak perlu cemas dengan naiknya ketentuan nilai rata-rata minimum bagi siswa agar lulus UN.

“Trennya memang akan naik dari tahun ke tahun. Kalau siswa ikut proses belajar secara baik, saya yakin ini akan tercapai. Jadi tidak usah cemas berlebihan. Rasa cemas itu bisa dijadikan pemacu untuk lebih giat belajar,” ujarnya.

Semenetara itu, untuk tingkat SD, masing-masing sekolah akan menyelenggarakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) yang kriteria kelulusan siswa akan ditentukan oleh sekolah bersangkutan. Berbeda halnya dengan UN yang semua soalnya akan disusun pusat, 75 persen soal UASBN akan dipercayakan kepada daerah masing-masing dan 25 persen lainnya dari pusat.

Kriteria kelulusan UASBN oleh setiap sekolah atau madrasah tersebut akan ditetapkan melalui rapat dewan guru dengan mempertimbangkan dua hal yakni nilai minimun setiap mata pelajaran yang diujikan, dan nilai rata-rata ketiga mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Rencananya 13 Mei merupakan hari pertama pelaksanaan UASBN untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: