Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 18 Mei 2008

Lagi, Siswa Keluhkan UN Bahasa Indonesia

Entah apa yang salah dengan bahasa Indonesia. Pada Ujian Nasional dua pekan lalu, siswa SMP peserta UN mengeluhkan sulitnya soal-soal Bahasa Indonesia yang mereka hadapi. Kali ini, pada ujian hari pertama UN SMP, Senin (5/5), beberapa siswa kelas IX SMPN 1 Dolopo yang ditemui seorang guru TIK yang cakep, juga mengeluhkan hal yang sama. “Lumayan susah,” jawab beberapa siswa saat ditanya ujian hari perdana ini.

Salah satu siswa, menuturkan, soal bacaan yang diujikan terlalu banyak sehingga, menurut dia, terlalu menguras otak. “Susah banget, terutama bacaannya ribet! Bacaannya terlalu panjang, jadi capek mikir,” katanya seusai mengikuti UN.

Rekan Bagus, Riza, juga mengalami hal yang sama. Selain pemahaman bacaan yang dirasa sulit, siswi kelas IX  ini juga kesulitan pada soal mengenai puisi. “Apa itu menentukan rima bebas. Tau ah, susah. Mana bacaan-bacaannya banyak, nyari gagasan utama, tajuk, jadi harus lebih teliti aja baca soalnya. Apalagi nemuin jawabannya,” kata dia.

Padahal, Riza merasa telah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian hari ini. Setiap hari, ratusan soal Bahasa Indonesia digarapnya demi menghadapi 50 soal yang diujikan. Meski demikian, siswi yang berharap bisa masuk ke SMA 3 atau SMA 1 Geger  ini tetap optimistis lulus. “Walaupun standarnya tinggi banget, yakin aja deh,” ujarnya sambil tersenyum.

Sayangnya, untuk mengonfirmasi keluhan para siswa ini, guru-guru yang mengajar Bahasa Indonesia tidak ada yang bisa ditemui. Sebab, para guru mata pelajaran sengaja diliburkan saat mata pelajaran yang diajarnya akan diujikan.

Siswa-siswa kelas IX di seluruh Indonesia akan menentukan kelulusannya selama 4 hari, mulai 5 hingga 8 Mei mendatang. Mata pelajaran yang diujikan tahun ini adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, MAtematika, dan IPA.

Standar kelulusan harus memiliki nilai rata-rata minimal 5,25 untuk semua mata pelajaran yang diujikan, tanpa nilai di bawah 4,25. Atau, memiliki nilai minimal 4 pada satu mata pelajaran dengan nilai mata pelajaran lain minimal 6.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: