Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 23 Mei 2008

Di Madiun prediksi ketidak Lulusan UNAS akan Naik

Radar Madiun Hari ini yang beritanya tentang prediksi ketidak Lulusan Unas tahun ini akan naik karena Uan yang materinya sekarang menjadi 6 mata pelajaran. Yah saya cuman bisa berdoa semoga saya lulus. Amin. Ini berita yang saya kutip Radar Madiun Jawapos.

Tingkat Ketidaklulusan Unas Diprediksi Naik

MADIUN – Tingkat ketidaklulusan Ujian Nasional (Unas) SMP dan SMA di Kota Madiun tahun ini diprediksi naik. Ini karena beban studi mata pelajaran yang diujikan ditambah, serta grade nilai minimal kelulusan dinaikkan dari 4,25 menjadi 5,00.

Pada Unas 2007 lalu, tingkat kelulusan Unas untuk 13 SMP dan 18 SMA serta SMK se-Kota Madiun mencapai 96 persen. Atau hanya empat persen siswa yang tidak lulus ujian. Untuk tahun 2008 diprediksi angkanya bisa menurun atau malah naik. “Untuk prediksi yang lebih akurat baru bisa kita peroleh setelah mengumpulkan hasil-hasil tryout dari sekolah-sekolah,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K ) Kota Hermanu Hadi, kepada koran ini kemarin (18/2).

Menurut dia, untuk memaksimalkan pencapaian tingkat kelulusan, Dinas P dan K telah meyiapkan pengawasan intensif dengan mendorong dilakukannya tryout secara berulang dan bimbingan intensif di setiap sekolah. Hasil tryout itu akan dikumpulkan untuk memprediksi tingkat kelulusan dan melakukan langkah antisipasi. “Karena untuk Unas sekarang kan banyak perubahan. Jadi kita harus lebih intensif untuk melakukan berbagai persiapan,” bebernya.

Sebelumnya, dari hasil tryout pertama di beberapa SMA di Kota, tingkat kelulusan siswa baru mencapai 43 hingga 60 persen. Untuk semakin mengintensifkan persiapan Unas, dalam waktu dekat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Timur juga akan menggelar tryout bersama. “Untuk waktu tepatnya saat ini kami masih menunggu keputusan dari provinsi,” imbuhnya.

Selain itu, pada tahun 2008, juga akan diselenggarakan Unas untuk tingkas SD dengan mengujikan tiga mata pelajaran yakni matematika, IPA dan Bahasa Indonesia. Untuk mengantisipasinya, Dinas P dan K Jatim, Senin kemarin (18/2) telah menggelar tryout secara bersamaan se-provinsi.

Meskipun tryout ini hanya dikhususkan untuk SD dengan taraf unggulan, sedang dan rendah, seluruh SD di Kota Madiun yang berjumlah 87 sekolah ikut menyelenggarakan tryout. “Dalam waktu dekat kita akan memperoleh hasilnya, dan itu akan digunakan untuk memprediksi tingkat kelulusan Unas SD,” pungkasnya. (mg3).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: