Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 6 Juni 2008

Bilingual Concept Program and Action at SMP N 1 DELANGGU Tahun

Gambaran pelaksanaan Bilingual Concept Program and Action di SMPN 1 Delanggu, sebagai acuan dan study banding untuk mengingkatkan kualitas dan pelengkap pendidikan sekolah berbasis internasional.

A. Latar Belakang

Dunia Science & Teknologi pada abad ini berkembang begitu pesat. Percepatan atas hal tersebut ternyata dapat merubah wajah suatu bangsa, sehingga dewasa ini banyak bangsa yang maju. Namun tidak sedikit pula banyak bangsa yang ketinggalan lantaran rendahnya Sumber Daya Manusia.

Fenomena tersebut sangat disadari betul oleh pemimpin bangsa sehingga mereka melakukan real action yaitu Pengembangan Pendidikan melalui Peningkatan Anggaran & Pembenahan Kurikulum.

Sementara itu Indonesia menyadari akan ketinggalannya dibidang pendidikan sehingga Pemerintah yakni Departemen Pendidikan Nasional merancang sistem Pendidikan yang baik sesuai perubahan jaman.

Salah satu implementasi system itu adalah mengadakan Bilingual Teaching System in class pada sekolah – sekolah yang sudah mapan alias berprestasi.


Keberadaan atmosfer itulah SMP Negeri 1 Delanggu bertekat untuk melakukan pembenahan dan pengembangan kelas unggulan denagn membuat Bilingual Teaching System in class sebagai rintisan sekolah berbasis internasional.

B. Dasar Pemikiran

a. Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003

b. Pengembangan SMP Negeri 1 Delanggu menuju Sekolah di Bidang Mutu Pendidikan Berbasis Internasional.

c. Surat Keputusan Dirjen Dikdasmen no. 327.a/c.c3/Kep/PP/2006 tentang penunjukan SMP N 1 Delanggu sebagai Sekolah Standart Nasional


d. Keputusan mendikbud no.0306/O/1995/tentang pelaksanaan wajib belajar 9 tahun.

C.Tujuan Pendidikan

1. Tujuan Umum

Meletakkan dasar pengetahuan, kepribadian, aklaq mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

2. Tujuan Khusus

Membina dan membentuk karakter anak yang di ridhoi Alloh SWT, dengan mengembangkan seluruh potensi peserta didik, baik potensi akademik maupun non akademikuntuk menjadi siswa yang berkepribadian tangguh, cerdas, kreatif,gemar belajar sepanjang hanyat serta mampu berkompetisi di era Global.

D. Kurikulum dan Proses Pembelajaran

Pada prinsipnya Bilingual Class menggunakan kurikulum Berbasis Kompetensi yang diperkaya dengan kurikulum Internasional. Materi ajar erat hubungannya dengan pengembangan life skill.

Proses pembelajaran dilakukan secara kontektual, erat hubungannya dengan kehidupan sehari-sehari, pengembangan kecerdasan intelektual, emosional, social dan spiritual.

Adapun buku paket nasional bukan satu-satunya sumber belajar siswa, tetapi siswa memiliki text book tambahan dari buku berstandar internasional (Math, Science,and English)

E. Sasaran Bidang Studi

Sasaran pelaksanaan Bilingual adalah bidang studi : Matematika, IPA, BahasaInggris,bidang studi lainnya yang mendukung.

F. Bahasa Pengantar

Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (Bilingual)

G. Jam Belajar

Jam belajar kelas VII : Senin – Jumat pukul 07.00 – 13.30 WIB

Untuk kelas VII diperpanjang 1 jam, dimaksudkan menambah materi pengembangan diri yang wajib diikuti tanpa menambah biaya ekstra. Disinilah diharapkan upaya pengembangan potensi peserta didik baik potensi kecerdasan intelektual,emosional, spiritual, fisik dan sosial dapat terlaksana dengan optimal.

H.    Waktu

Pelaksanaan kelas Bilingual direncanakan pada Tahun Pelajaran : 2007 / 2008 semester Genap(periode Januari – Juni).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: