Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 6 Juni 2008

Nilai Dasar, Tujuan, Visi dan Misi Sekolah Berbasis Internasional

Nilai Dasar, Tujuan, Visi dan Misi Sekolah Berbasis Internasional perlu diterapkan agar nantinya benar-benar mempunyai kualitas kelulusan siswa yang baik dan berbobot (tidak asal-asalan).

5 NILAI DASAR :

SMP Nasional KPS merupakan Wahana pengembangan diri untuk menumbuhkembangkan manusia baru yang menjujung tinggi nilai-nilai dasar Keimanan, Kecerdasan, Keberadaban, Keberagaman, dan Keteladanan. Kelima nilai dasar tersebut digunakan landasan pencapaian lima pilar pengetahuan belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, belajar untuk mengetahui (learning to know), belajar untuk berbuat (learning to do), belajar untuk hidup antar sesama secara berdampingan (learning to live together), dan belajar untuk membentuk jati diri (learning to be). Aktualisasi nilai dasar dan pilar pendidikan tersebut terarahkan pada pengembangan karakter keimanan (believing), kejujuran (trustworthiness), tanggung jawab (responsibility), hormat menghormati (respect), keadilan (fairness), kepedulian (caring), warga negara yang baik (citizenship).

TUJUAN :

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, mengembangkan potensi peserta didik agar menajadi anggota masyarakat yang bertanggung jawab dan demokratis, menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki etos dan budaya kerja, dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
  2. Mengembangkan potensi siswa secara komprehensip, baik melalui kegiatan kelas maupun luar kelas.
  3. Menyiapkan siswa untuk dapat merespon dan berperan serta dalam kehidupan yang modern yang kompleks.
  4. Mempersiapkan siswa menjadi warga negara dan warga dunia yang kreatif, rasional dan kritis, demokratis, dan memiliki semangat belajar sepanjang hayat.
  5. Mengoptimalkan perkembangan anak dalam hal akademik, intelektual, sosial, etik, fisik, dan emosi dengan prestasi maksimal.
  6. Mengembangan struktur dan sistem operasional menejemen kelembagaan pendidikan mandiri yang berstandar nasional dan Internasional.

MISI :

  1. Menghasilkan lulusan yang memenuhi standar kualitas nasional maupun internasional, baik dari aspek intelektual, emosional, sosial, maupun aspek penguasaan bahasa.
  2. Mengembangkan sistem management pendidikan mandiri yang ber-standar nasional dan internasional.

VISI :

Menjadi sekolah yang unggul dalam kualitas pembelajaran dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan baik secara Lokal, Regional, Nasional maupun Internasional.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: