Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 3 Juli 2008

SMP Siapkan Tujuh Loket Pendaftaran


MADIUN Hari ini perburuan sekolah dimulai. Sehari menjelang dimulainya pendaftaran siswa baru (PSB), kesibukan terlihat di sekolah-sekolah penyelenggara. Di SMPN 1 Kota, sekretariat PSB SMP rayon I misalnya, tampak kesibukan panitia menyiapkan berbagai sarana PSB. Di antaranya komputer yang terkoneksi dengan internet, printer, dan loket pengambilan formulir.

Untuk mengantisipasi lonjakan pendaftar di rayon I (meliputi SMPN 1, 3, 5, 8, 9, 12, 13) disiapkan 7 loket untuk melayani pendaftaran maupun pencabutan berkas. ”Mengenai loket pendaftaraan dan checking peralatan sudah dalam kesiapan,” ujar Masrub, Kepala SMPN 1, kemarin (2/7).

Hal yang sama terlihat di SMPN 4 Kota, sekretariat PSB rayon II (meliputi SMPN 2, 4, 6, 7, 10, 11, 14). Selain menyiapkan sejumlah sarana pendaftaran, kemarin digelar rapat seputar kesiapan pelaksanaan PSB. ”Insyaallah kami sudah siap,” kata Joko Mulyono, Kepala SMPN 4.

Seperti halnya SMPN 1, SMPN 4 juga menyiapkan 7 loket untuk melayani pendaftar. Menurut Joko, pada setiap loket akan ditempatkan 3 petugas yang terdiri dari 1 operator dan 2 verifikasi pengecekan berkas.

Begitu pula di jenjang SMA. Di SMAN 5, panitia setempat juga sibuk menyiapkan peralatan seperti jaringan komputer dan menata beberapa ruangan. Pada PSB tahun ini, sekolah tersebut menyiapkan 5 loket. Terdiri, 3 loket pendaftaran pilihan I, 1 loket pendaftar luar kota dan lulusan tahun lalu, serta 1 loket pencabutan berkas.

Persiapan akhir menjelang dimulainya PSB juga terlihat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Termasuk pengecekan jaringan internet untuk entry data pendaftar. ”Laporan jaringan dari masing masing rayon lancar,” ujar Gaguk Agus Wahyudi, Kepala Subdinas Pendidikan Menengah sekaligus Wakil Ketua Panitia PSB.

Ditambahkan, perkembangan seputar PSB juga bisa diakses melalu internet di http://www.psb.madiunkota.go.id. ”Jadi tidak harus melihat ke sekolah. Bagi pendaftar asal luar kota memantau lewat internet lebih praktis,” tuturnya.

Sementara itu, menjelang dimulainya PSB, calon siswa maupun orangtua juga dibuat sibuk. Mulai dari melihat pengumuman yang ditempel di sekolah-sekolah, hingga fotokopi dokumen kelengkapan pendaftaran. ”Biar besok (hari ini, Red) bisa mendaftar pagi-pagi,” ujar seorang warga.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: