Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 7 Juli 2008

Hari Terakhir PSB Diprediksi Ketat

MADIUN – Orangtua calon siswa terus memantau pengumuman peringkat sementara pendaftaran siswa baru (PSB). Di SMPN 1 Dolopo, puluhan orangtua dan pendaftar tampak berjubel memadati papan rekapitulasi. Meski, hari Minggu kemarin tidak ada pendaftaran. ”Urutan sementara anak saya 16 dari bawah. Rencananya, jika di sini banyak pendaftar, saya akan mencabut berkas dan daftar di sekolah lain,” orangtua salah satu calon siswa, kemarin (6/7).

Ekspresi waswas tampak menghiasi wajah sejumlah orangtua. Mereka khawatir posisi anaknya di peringkat sementara bakal tergeser. Apalagi, ditengarai banyak pendaftar yang belum memasukkan berkasnya.

Selain dibayangi rasa khawatir keluar dari zona aman, sejumlah orangtua calon siswa mempertanyakan akurasi data peringkat sementara yang terpampang di papan pengumuman. Pasalnya, terdapat sejumlah kekeliruan. ”NUN anak saya 26,25 seharusnya masuk ke SMPN 1 karena terendah sekitar 25, tapi namanya kok nggak tercantum,” kata Yunesti Reza Tantri, orangtua salah satu pendaftar rayon 2.

Hari ini yang merupakan hari terakhir pendaftaran, persaingan masuk sekolah diprediksi berlangsung ketat. Pasalnya, jumlah pendaftar diprediksi melonjak akibat luberan dari sekolah lain yang mencabut berkasnya maupun calon siswa yang baru mendaftar hari ini. ”Bisa saja besok (hari ini, Red) pendaftar melonjak sehingga posisi anak saya keluar dari zona aman,” ujar Bayu, orangtua salah satu calon siswa ditemui di sebuah SD di Kabupaten.

”Besok (hari ini, Red) harus memantau terus. Dan jika meleset mau nggak mau didaftarkan ke sekolah lain yang kemungkinan besar diterima. Usia anak saya mepet, baru 6 tahun 5 bulan,” tuturnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: