Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 19 Oktober 2008

Cara Bisa Pinter Pelajaran Fisika?

Oya teman kenalkan namaq Ratih, kelas 9A SMPN ! Dolopo. Q Coba bagi-bagi ilmu untuk berikan tips cara belajar fisika yg  terkenal rumit biar jd gampang banget buat kamu-kamu. Belajar fisika butuh waktu yang banyak dan konsentrasi penuh karena banyak logika, teori dan rumus yang harus dikuasai. namun yang terjadi adalah pendidikan di negara kita Indonesia terlalu menjejali siswa siswi dengan beragam pelajaran dalam satu waktu dan berulang-ulang harus dipelajari.

Jadi sangat wajar kalau siswa dengan kemampuan akademis normal kesulitan menguasai fisika. karena kalau ingin menguasai fisika harus mengorbankan waktu kita untuk mempelajari pelajaran lain. hanya siswa jenius saja yang bisa menguasai fisika dan pelajaran lain dalam waktu singkat. untuk siswa normal yang bisa dilakukan adalah mempelajari trik dan rahasia jalan pintas dalam mengerjakan soal ujian fisika. dengan begitu esensi pelajaran fisikanya itu sendiri jadi nggak bisa dikuasai. cukup menyedihkan bukan?

Hm,supaya km gk susah daLam belajar fis, trik kyk gini :
pada saat guru-mu sedang menerangkan di papan, km jangan mencatat apa2 dulu…tetapi km hrs konsen, dengerin apa yang gurumu jelaskan sambil memperhatikan…
krn menurut saia, n udh terbukti klo pada saat guru menerangkan kita akan cepat ngerti dengan mendengar.. bukan mencatat!!!!
maka’nya byk org bilang, ..jgn mencatat klo tidak mengerti..ok!!!

Gw ngerti,fisika itu susah,tapi sbenarnya gampang lho…. Cara belajarnya sich simple aja. Dari rumus yang udah kita ketahui, hafalin dulu baik-baik mulai dari simbolnya,satuannya,dan bahkan penempatannya.Setelah itu,kamu baca soal-soal yang udah pernah dibahas sama sekolah.Gak usah buru-buru ngeliatnya, perhatikan baik-baik dan masukan cara mengerjakannya pada otakmu, lalu coba hitung tanpa menulis,kaitkan rumus yang udah kamu hapal di pikiran kamu aja,kalo belum bisa ato udah “stuck” liat lagi bukunya… Perhatiin, bagian step mana yang belum kamu bisa.Trus,kamu juga perlu melatih kecepatan menghitung kamu. Tadi kamu bilang pelajaran eksak lain udah bisa kan? Nah,sbenarnya klo kamu udah bner2 lancar banget ngitung angka-angka itu dengan cepat dan cara penggunaan rumus itu sudah terekam dalam otak kamu. (Ratih, 9A, SMPN 1 Dolopo)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: