Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 3 November 2008

Penipuan Telepon Atau SMS Berhadiah Fiktif Dengan Dalih Pajak Hadiah – Kejahatan Jarak Jauh

Hati-hati mempercayai kejutan-kejutan hadiah yang disodorkan pada anda. Bukan untung yang bisa anda raih, namun buntung yang harus ditelan. Jika anda mendapatkan sms yang mengatakan anda mendapatkan hadiah, sebaiknya anda langsung curiga. Begitu pun jika mendapatkan telepon dari orang yang mengatakan anda memenangkan sesuatu di telepon. Sifat curiga akan menyelamatkan anda dari kehilangan uang banyak daripada emosi kegembiraan yang hanya akan menjerumuskan anda pada jebakan penipu-penipu ulung. Jika alasan anda mendapat hadiah tidak masuk di akal karena anda tidak pernah berhubungan denga program berhadiah tersebut, maka segera hiraukan atau laporkan ke polisi. Operator telepon juga siap membantu anda jika anda mendapat sms hadiah abal-abal. (Erik, Kls. 9 SMPN 1 Dolopo)

Biasanya si penipu akan mengirim sms secara sporadis dan membabi-buta ke banyak nomor atau mengonsentrasikan konban pada orang-orang tertentu saja. Tukang tipu itu bisa saja mendapatkan data diri anda dari suatu program berhadiah yang anda benar-benar ikuti namun mengalami penyalahgunaan maupun pencurian data. Orang yang menerima sms atau telepon kejutan hadiah itu mungkin saja ada yang percaya.

Korban yang percaya biasanya akan merespon umpan penipu dengan menelpon penipu untuk mengetahui langkah berikutnya untuk mengambil hadiah. Si penipu akan dengan lihai dan ucapan-ucapan manis akan mencoba mempengaruhi korban untuk percaya bahwa hadiah benar-benar ada. Pada saat itulah si tukang tipu akan memberikan syarat harus membayar pajak hadiah, biaya administrasi, biaya kirim, dan biaya lain-lain yang harus dibayar di muka. Uang tersebut harus ditransfer lewat rekening bank atau ATM ke rekening penipu.

Setelah korban mengirim sejumlah uang tertentu kepada penipu dan hadiah yang dijanjikan tidak kunjung tiba, serta nomor telepon penipu sudah tidak aktif, barulah yang terkena tipuan sms hadiah tersebut sadar bahwa dirinya telah kena tipu dan uangnya telah melayang entah ke mana.

Saran menghindari dan menanggulangi kejahatan penipuan sms dan telepon hadiah :

– Jangan mudah percaya jika ada yang mengatakan anda mendapatkan hadiah.
– Hanya percaya pada program hadiah yang anda ikuti.
– Kroscek dan konfirmasi kemenangan anda ke costumer service produk atau perusahaan yang mengadakan program berhadiah tersebut dengan mendatangi langsung maupun telepon ke nomor telepon resmi perusahaan.
– Jika program hadiah atas nama operator selular, anda harus menghubungi costumer service, bukan ke nomor yang ada di sms atau yang diberikan oleh penelepon.
– Laporkan polisi jika sudah merasa janggal, atau jika tidak mau berhubungan dengan polisi anda diamkan / hiraukan saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: