Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 28 November 2008

Kiat Guru Teladan

cimg7080

Salah satu tantangan terbesar bagi seorang guru, di tingkat apa pun itu, adalah bagaimana merebut atensi anak didiknya secara penuh, agar seluruh potensi mereka tergali dan terasahkan.
Di tingkat pendidikan dasar, tantangan ini dapat lebih runyam lagi. Bagaimanapun, merebut perhatian anak-anak selalu gampang-gampang susah. Anak-anak tentu memiliki rentang perhatian yang lebih pendek (short attention span) dalam berbagai hal, terutama apabila kiat-kiat untuk memperpanjang daya fokus mereka diabaikan.

Guru senantiasa dituntut untuk selalu kreatif dan dinamis dalam merebut hati dan konsentrasi anak didik, apabila ilmu yang diajarkan ingin betul-betul terserap.

Pasti ada berbagai cara. Tetapi, sebagai sebuah kiat ringan yang cukup efektif adalah penentuan “student of the week“. Penentuan “murid pilhan minggu ini” dapat dilakukan dari berbagai sudut pandang, tergantung bagaimana sasaran yang ingin dicapai guru sesuai dengan kebutuhan objektif kelas yang diasuh.

Memang, format ini tidak jauh beda dengan pemilihan “pegawai teladan” (employee of the week) yang banyak diterapkan jaringan restoran fastfood atau perusahaan berbasis prestasi layanan lainnya. Yang berbeda tentu detil sasarannya saja.

Intinya memang, penentuan murid pilihan minggu ini merupakan kiat yang dapat mengangkat moral sang anak. Selain itu, sekaligus melatihnya untuk bertanggung jawab (dengan merawat Mr. Bear) dan diuji kemampuan mengarang dan berfikir kreatifnya. Keseluruhan kegiatan itu bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, sementara semangat sang anak meningkat.

Semakin saya perhatikan lebih lanjut, dalam forum maya para guru seperti di A-to-Z Teacher Stuff—Teacher Resources, Lesson Plans, Themes, Tips, Printables and more, berbagai kiat diterapkan oleh para guru yang memang penuh dedikasi itu. Salah satu yang lazim dilakukan termasuk format student of the week, yang disesuaikan dengan tingkatan dan situasi kelas masing-masing. Ada juga guru yang menggunakan metode Star of the Week, yang memberikan kesempatan untuk murid menampilkan segala kelebihan dan kemampuannya.

Dari pengalaman Aisya sebagai student of the week ini, saya [yang memang berasal dari keluarga guru] semakin mengerti perasaan seorang guru, ketika sekali waktu tahun lalu diundang sebagai hadirin dalam pertemuan guru-guru berprestasi se-AS. Terbaca ada perasaan bangga yang bermartabat di mata guru-guru pilihan itu. Betul, pertemuan itu semacam forum “teacher of the year“. (Bu Indah Lis, Guru Ekonomi, SMPN 1 Dolopo)

Iklan

Kategori

%d blogger menyukai ini: