Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 10 Januari 2009

GREEN SCHOOL (SEKOLAH HIJAU, BERSIH DAN INDAH)

cimg0199Kapan sekolah kita (SMP Negeri 1 Dolopo) memiliki GREEN SCHOOL ? Bentuk perwujudan sekolah hijau (green school) yaitu sekolah yang memiliki komitmen dan secara sistematis mengembangkan program-program untuk menginternalisasikan nilai-nilai lingkungan dalam seluruh aktivitas sekolah. Sekolah dengan visi, misi, tujuan dan kebijakan yang mengacu pada mutu sekolah, sangat berkepentingan mewujudkan pola hidup bermutu melalui program Green School.

Penataan Lingkungan Sekolah menjadi Green School merupakan penataan lingkungan sekolah sehingga dapat menciptakan suasana yang asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses pelaksanaan KBM dengan status: dalam ruang atau luar ruang, dalam ruang dan luar ruang, serta bermanfaat bagi lingkungan luar sekolah.

Lingkungan sekolah yang kondusif sangat diperlukan dalam menghasilkan tamatan yang cakap melalui proses belajar mengajar berbasis sistem pendidikan yang bermutu. Tidak itu saja, lingkungan sekolah yang kondusif juga akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang pada saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing bangsa dimata dunia sekaligus melestarikan kekayaan sumber daya alam hayati Indonesia.

Hal yang perlu dilakukan untuk mewujudkan Green School :

  • Pengelolaan limbah/ sampah dan air
  • Landscaping dan penghijauan
  • Perawatan fisik bangunan dan lingkungan
  • Sekolah menjadi pusat penghijauan (green school) yang bermanfaat bagi lingkungan

Hal hal yang berhubungan dengan Sekolah Hijau, yaitu Lingkungan adalah semua yang mempengaruhi pertumbuhan manusia dan hewan, sedangkan Lingkungan hidup itu sendiri adalah gabungan dari faktor kimiawi dan hayati yang dapat mempengaruhi kelangsungan kehidupan serta kesejahteraan makhluk hidup. Hijau wujud nyata dalam upaya pada salah satu bagian kegiatan manusia dalam mengolah lingkungan hidupnya dengan harapan dan tujuan agar tetap tercipta lingkungan hidup yang tidak meninggalkan sifat-sifat alami yang manusiawi.

Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang bebas dari kotoran dan keindahan adalah tampilan yang cantik, bagus, elok, nyaman, segar dan sehat

Ruang Terbuka Hijau (RTH) merupakan ruang-ruang dalam sekolah atau wilayah yang luas dimana dalam penggunaannya pada dasarnya tanpa bangunan.

Siapa Yang Paling Bertanggung Jawab Terhadap Keebersihan Sekolah ?

Memang sekolah yang besar sangat membutuhkan penanganan kebersihan yang ekstra. Dukungan dari komponen sekolah haruslah solid, mulai dari Kepala Sekolah, Guru, Staf bahkan siswa itu sendiri. Namun yang paling berperan adalah Petugas Pembantu Sekolah (Kebon).

Dilihat dari luasnya SMP Negeri 1 Dolopo, memang sudah saatnya untuk menswastanisasi masalah kebersihan sekolah. Sesuai dengan ide cemerlang dari beberapa guru tentang swastanisasi kebersihan sekolah. Mengapa? Karena tenaga pembantu sekolah dinilai kurang kondunsif dalam hal penanganan kebersihan sekolah mengingat luas areal sekolah yang begitu besar. Sehingga sangatlah tepat jika kebersihan sekolah itu ditangani oleh pihak swasta. Yang artinya dari pihak sekolah mencari tenaga tambahan (swasta) yang bertanggung jawab penuh terhadap kebersihan sekolah.

Ide dari beberapa guru tersebut tentang swastanisasi kebersihan sekolah untuk saat ini dirasa sangatlah perlu. Sehingga kebersihan sekolah tidak lagi merupakan tanggung jawab guru dan siswa. Guru dan siswa hanya dapat memantau, menjaga dan menikmati kebersihan yang telah diswastanisasi, sehingga dalam tujuannya, keadaan sekolah yang bersih, tertata rapi, hijau dan nyaman akan bisa dirasakan, sehingga akan menunjang kelancaran KBM.

Bayangkan kalau keadaan sekolah atau kelas masih kotor saat pelajaran akan dimulai, guru pasti menyuruh anak-anak untuk membersihkan kelasnya terlebih dahulu tentu berapa menit pelajaran sehari akan terpotong guna membersihkan kelas, coba dalam hitungan seminggu, sebulan atau bahkan setahun akalu dihitung sudah berapa jam hilang untuk kebersihan kelas ?

Penghijauan sekolah menurut kegunaannya:

1. Hijau sebagai pengaman : dimaksudkan untuk pengamanan sarana sekolah tertentu, agar tidak digunakan untuk kepentingan lain.

2. Hijau sebagai taman sekolah : dimaksudkan untuk menjadikan sekolah sebagai sekolah hijau dan melestarikan keadaan sekitarnya.

3. Hijau sebagai sumber produksi : dimaksudkan penghijauan dengan tanaman/pohon-pohon yang produktif.

Fungsi RTH :

1. Paru-paru sekolah photosynthesa

2. Sumber air tanah/resapan air (hidrologis)

3. Mencegah erosi (orologis)

4. Keindahan dan kehidupan satwa (estetika dan edaphis)

5. Menciptakan iklim (klimatologis)

6. Unsur pendidikan (edukatif)

sarana rekreasi


UPAYA KEGIATAN PENGHIJAUAN SEKOLAH

1. Menyelenggarakan penyuluhan dan kursus bidang Pertamanan dan Perawatan Bunga dalam Pot.

2. Menjalin kemitraan dengan stake holder,masyarakat,orang tua, pengusaha untuk berperan dalam penghijauan

3. Mengadakan lomba keindahan dam lomba perawatan bunga dan taman

4. Menyelenggarakan pameran pertamanan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: