Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 19 Januari 2009

Libur Sekolah Yang Produktif

renangAkhir Januari ini adalah saat liburan sekolah bagi siswa. Tentunya, setelah selama satu semester bergelut dengan buku pelajaran dan berhadapan dengan materi pelajaran sampai mblenger, untuk kala sejenak pikiran siswa diistirahatkan. Rutinitas dan kebiasaan belajar yang terus dijalani harus dihentikan selama kurang lebih sepekan.
Menghadapi kegiatan rutin, apalagi yang sangat sulit, kadangkala membuat jemu dan jengah. Akan tetapi, membiarkan diri lepas dari kebiasaan, apalagi yang positif, juga tidak baik, apalagi jika terlalu lama. Bahkan, jika tidak diimbangi dengan baik, kebiasaan baru bisa muncul berlawanan dengan sikap positif yang selama ini dimiliki.
Karena itulah, liburan harus diisi dengan kegiatan-kegiatan rekreatif tapi produktif. Bukan rekreatif yang selepas-lepasnya hingga memunculkan kebiasaan baru yang negatif dan berpotensi pada munculnya kemalasan untuk kembali kepada kebiasaan belajar seperti biasanya. Pokoknya, kegiatan yang dilakukan pada saat liburan harus tetap bermakna dan kondusif bagi pengembangan diri (kepribadian, kecakapan hidup, ketrampilan sosial) siswa. Aktivitas belajar dan pengembangan diri siswa toh tidak semata harus dilakukan di sekolah.
Contoh sederhana, pengembangan hobi, minat dan bakat bisa dimaksimalkan saat liburan. Atau, mengisi dengan kegiatan yang berorientasi pada lingkungan dan kecintaan akan alam. Pilihan kegiatan seperti di atas memang tidak mudah. Apalagi, bagi siswa jenjang pendidikan lebih rendah (SD), pilihan kegiatan cenderung dipahami rekreatif semata. Barangkali, bagi anak-anak libur sekolah berarti diperbolehkan bermain sepuasnya dan selepasnya.
Di sini, kearifan orang tua dalam memantau kegiatan anak selama liburan sekolah tentu sangat penting. Peran orang tua untuk ikut mengarahkan kegiatan anak dibutuhkan agar apa yang dilakukan anak tetap bermakna dan tidak meninggalkan, bahkan merubah, kebiasaan dan sikap positif mereka terhadap belajar. Jangan sampai setelah liburan, anak justru malas belajar.

Nah tampak diatas, beberapa anak-anak remaja sedang menikmati liburan sekolah dengan mengisi kegiatan belajar berenang. Wah.. asyik yaa, bisa difoto lagi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: