Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 24 Januari 2009

Jambore Daerah (Jamda) 2009 Jawa Timur Berakhir

cimg6420Merespons minimnya fasilitas kesehatan di Posko kesehatan Jamda, Pemkab Jombang langsung ambil alih. Seluruh biaya pengobatan bagi peserta yang sakit dan menjalani rawat inap di rumah sakit sekitar, menjadi tanggungjawab pemkab. Biaya ini termasuk panitia yang mengalami retak tulang hidung saat melakukan persiapan kegiatan tantangan. ”Kita sudah atasi dengan menambah bed, biaya perawatan peserta yang sakit menjadi tanggungjawab kita,” cetus Ketua Pelaksana Jamda Jombang, Agus Riadi, kemarin.

Menurutnya, penanganan kesehatan itu menjadi lebih penting guna menunjang keberlangsungan kegiatan Jamda hingga penutupan pagi ini. Sehingga, peserta yang kondisi fisiknya menurun hingga memerlukan perawatan intensif, langsung dibawa ke rumah sakit terdekat.

Terkait usaha mendukung kegiatan Jamda tersebut, pihaknya juga memprioritaskan penambahan debit air untuk memenuhi keperluan peserta selama Jamda berlangsung. Yakni, dengan mengirim sejumlah tangki air PDAM selain memanfaatkan sejumlah sumber air Sumberboto.

Keperluan ini juga dilengkapi dengan fasilitas tower untuk memudahkan peserta. ”Nantinya area Sumberboto ini direncanakan dalam master plan yang merangkum lokasi bumi perkemahan, wisata dan sumber air bersih,” tegas Agus.

Sementara itu, agenda Jamda hari kelima kemarin peserta dari kelompok Bromo melakukan penghijauan dan pengenalan hutan di sekitar Wana Wisata Sumberboto. Sejumlah peserta yang memelajari bentuk tanaman hias dan toga sebagai bekal kembali ke daerah asal.

Pembibitan dan persemaian juga masih dilakukan oleh sejumlah regu di area persawahan Desa Rejoslamet. Untuk menambah pengetahuan dan kopetensi keilmuan teknologi, peserta mengikuti kegiatan pelatihan dasar robotika dan roket air. Selain memelajari tata cara pembuatan robot tersebut, mereka menganalisis pengamanan robot, dengan harapan bisa melakukan di sekolah asal. Kegiatan ini menghadirkan aktivis mahasiswa pramuka Gudep ITS dari jurusan elektronika.

Pada siang hari, peserta dijadwalkan mengikuti kegiatan jurnalistik mulai dari membuat poster, menulis artikel sampai pengenalan fotografi. Malam harinya diisi dengan seminar hasil Jamda yang dilanjutkan dengan api unggun gembira. Pagi ini, kegiatan Jambore akan ditutup dengan upacara penutupan yang direncanakan pukul 09.00.

Iklan

Responses

  1. cuMa keGiataN pRamuKa aJa ya, yAng di pAmeriN ?? mAna kEgiAtan LAinnya ?? kEgiatan oSis, prestasi yAng di rAih, dAn lAin – lAin di pAmeriN j9 d0nk !!!! kTua oSis phot0 nY di pAmeriN, kTua DeWan Peng9alan9 j9 pHoto nYa di pAmerin !!!!!!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: