Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 28 Juli 2009

PEKAN SENI PELAJAR TINGKAT JAWA TIMUR

CIMG8086
CIMG8085 CIMG8087 FOTO 1
Baru-baru ini Siswa SMPN 1 mengirimkan siswi terbaiknya untuk mengikuti perhelatan Seni Budaya Tingkat Jawa Timur yaitu “Pekan Seni Pelajar Tingkat Jawa Timur Tahun 2009”, yang diwakili oleh : Wenna Valentine P, Windy Margareta, Rindi Radianti, dan Wahyu Fitriani.
SMPN 1 Dolopo merupakan perwakilan dari Kabupaten Madiun yang menampilkan karya terbaiknya yaitu tari Jalak Gading karya dari Ibu Ratna Yuliani, SPd., beliau juga merupakan guru Seni Tari di SMPN 1 Dolopo dan didampingi seorang Pembina yaitu Ibu Anggarwati, SPd. Dan alhamdulillah ternyata usaha beliau tidaklah sia-sia, sehingga mampu mengantarkan SMPN 1 Dolopo meraih The Best se Jawa Timur.
Memang seni mempunyai kedudukan yang sangat fungsional serta melekat dalam kehidupan masyarakat. Kesenian bukan hanya sebagai ungkapan estetika semata, tetapi lebih bisa dimanfaatkan sebagai sarana memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani.
Dalam menyusun karya tari “JALAK GADING” ini merupakan rangkaian gerak hasil improvisasi dan eksplorasi serta gerak-gerak ekspresif yang tersusun dalam satu kesatuan yang utuh dan tidak meninggalkan idiom-idiom tradisi yang berkembang di Jawa Timur.
Penata tari menggarap gerak dan komposisi serta memadukan dengan gerak yang ada di daerah setempat sehingga bentuk karya ini mempunyai nafas dan nilai baru.

A.Mode Penyajian
Karya tari ini merupakan ungkapan jiwa melalui media gerak dari tahapan-tahapan eksplorasi gerak hewan khususnya gerak burung. Gerak-gerak yang dihadirkan melalui kesadaran emosional yang dituangkan dalam bentuk gerak spontanitas dan ekspresif sesuai dengan karakter yang kuat, lincah, angker namun tetap indah.
Gerak spontanitas berpadu dengan gerak tradisi setempat yang mampu memberikan wujud garap sehingga terjadi kolaborasi gerak kontemporer dengan gerak tradisi

B.Tujuan Penggarapan
Dengan dasar-dasar yang telah terungkap diatas, piñata tari berusaha menciptakan karya tari ini semaksimal mungkin dan memiliki tujuan :
1.Disajikan dalam kegiatan Pekan Seni Pelajar tingkat Jawa Timur di Surabaya (mewakili Kabupaten Madiun untuk tingkat SMP).
2.Menambah perbendaharaan gerak dan garapan tari.
3.Upaya mengembangkan tari di daerah Jawa Timur.
4.Sebagai media apresiasi sehingga masyarakat dapat lebih menghargai terhadap karya seni khususnya tari.
Membuat karya tari adalah merupakan kegiatan olah seni yang dapat mengasah kreatifitas dan meningkatkan rasa tanggung jawab. Hal ini merupakan proses dalam kehidupan jiwa sehingga semakin matang dalam meniti langkah-langkah ke depan khususnya dalam dunia pendidikan.

C.Ide Garap
Karya tari “JALAK GADING” ini merupakan ungkapan kreatifitas peñata tari berupa gerak-gerak improfisasi dan eksplorasi yang diatur sesuai isi atau tema tari sebagai media untuk menuangkan ide garap.
Penata menghadirkan bentuk-bentuk gerak yang lincah, kuat, lemah gemulai, semuanya terpadu dalam penggambaran sang “JALAK” yang dikenal sebagian masyarakat sebagai burung yang sangat berkarakter.

D.Sumber Cerita
Karya tari ini mengangkat keberadaan burung Jalak Gading yang banyak disegani oleh masyarakat di sekitar gunung Lawu. Karakternya yang kuat namun tetap indah. Dan saat ini kehidupannya hampir punah.

E.Sinopsis
Tari “JALAK GADING” ini diawali dari seekor burung yang kebingungan ke sana ke mari tidak ada kawan. Setelah bertemu dengan sekawanan burung yang lain mereka bersama, mencari makan, terbang menikmati indahnya pegunungan namun tidak selamanya begitu. Sama dengan dalam kehidupan manusia.
Dalam dunia “burung” pun juga ada saat bersuka ria bersama, ada juga saat bertarung berebut sesuatu dengan dengan egonya, masing-masing ingin merasa lebih dari teman kelompoknya. Namun itu hanya variasi hidup sesaat, pada akhirnya ikatan batin, persaudaraan mengalahkan segalanya. Mereka hidup dalam kebersamaan menatap masa depan yang mungkin penuh dengan tantangan.

Iklan

Responses

  1. ducH jAdi nArcies nIe kUw!!!!

    hEw5x….

  2. kUw jaDi malU

  3. Mas Yudi, fotone pas pekan seni pelajar yang bawah kurang besar………….oh iya websitenya makin oke aja


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: