Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 26 September 2009

SISWA-SISWI SMPN 1 DOLOPO BERSILATURROHMI DI IDUL FITRI

CIMG8567
CIMG8568 CIMG8566 CIMG8565
CIMG8572 CIMG8573 CIMG8571
Idul Fitri kali ini sungguh merupakan berkah yang luar biasa untuk tahun ini bagi bapak dan ibu guru SMPN 1 Dolopo, betapa tidak, dari kesekian banyak siswa kelas 7,8 dan 9 serta para alumnus SMPN 1 Dolopo saling berkunjung untuk bersilaturrohmi ke rumah para bapak ibu gurunya. Tampak foto diatas saat anak-anak berkunjung di rumah salah seorang gurunya, Bpk. Yudi
Seperti tahun-tahun sebelumnya, dengan dipandu langsung oleh Mr. Abin dan Mr. Riyan serta para alumnus (dari para Dewan Penggalang Pramuka), kurang lebih sekitar 60 anak secara serempak saling berkunjung ke rumah bapak dan ibu guru SMPN 1 Dolopo, seperti ke rumah Bapak Sikun, Bpk. Imam, Bpk. Budi, Bpk. Edy Joko, Bpk. Dasuki, Bpk. Heru, Bpk. Yudi/B. Kusnul, Ibu Nunuk, Ibu Heri, Ibu Titik, Ibu Anik dan masih banyak lagi. Bahkan dihari-hari sebelumnya sudah banyak pula siswa kelas 7,8 dan 9 berkunjung ke rumah beliau-beliau. Suasana penuh haru, kasih dan bangga menyelimuti hati pada bapak dan ibu guru yang sempat mereka kunjungi. Betapa tidak, bagi beliau-beliau ini merupakan suatu berkah yang tiada ternilai. Ini merupakan bentuk keberhasilan pendidikan moral dari beliau para bapak dan ibu guru yag telah ditanamkan. Walaupun mungkin hanya dengan suguhan yang ala kadarnya seperti minuman ringan dan buah-buahan, namun bagi anak-anak merupakan suatu kebanggan karena mau dengan ikhlas untuk mengunjungi bapak dan ibu gurunya.
Memang ada tradisi khas milik orang Indonesia, kampung halaman kita di hari raya ‘Idul Fitri, yaitu silaturrahim, atau orang menyebitnya silaturahmi. Meskipun silaturrahim tidak ada kaitannya secara langsung dengan rangkaian ibadah Ramadhan dan ‘Idul Fitri, tapi tradisi ini sangat baik untuk dilestarikan dan dikembangkan. Kita saling mengunjungi sanak saudara bahkan tetangga atau teman sejawat, atasan dan bawahan. Terkadang kita secara sengaja mudik, bepergian jauh, beratus kilometer bahkan mungkin beribu kilometer, hanya sekedar untuk menjumpai orang tua atau sanak famili. Sekedar untuk menjumpainya dan bersilaturahmi, menyegarkan ikatan kekerabatan, menyambung dan mempererat tali persaudaraan.

Kesempatan ‘Idul Fitri tidak akan dijumpai pada momen lain apapun. Untuk itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Bagi yang masih punya masalah dengan sanak saudaranya, kesempatan ini sangat cocok untuk saling bermaafan. Kepada mereka yang sudah mulai renggang, kesempatan ini sangat baik untuk merapatkan kembali. Kepada yang sudah akrab dan dekat, kesempatan ini tetap lebih baik untuk memupuk tali persaudaraan.
Pada saat ini marilah kita pun meningkatkan silaturahmi diantara kita. Bukan saja pada saat-saat kegiatan besar seperti hari ini, tapi juga pada kesempatan-kesempatan lain. Saling mengunjungi, saling menanyakan kabar saling memperhatikan saling bantu. Apalagi ditambah dengan keadaan kita yang jauh dari famili/sanak keluarga. Sebaliknya jika kita diperhatikan sebaiknya kita bersyukur, karena masih ada yang memperhatikan kita. Jika ada yang bertanya kabar dan keadaan kita kita, jangan merasa kita sedang diadili, tapi artikanlah bahwa teman kita mencemaskan kita, memperhatikan kita, dan boleh jadi teman kita khawatir dengan keadaan kita, apalagi jika telah lama tidak bertemu. Bravo buat siswa-siswi dan alumnus SMPN 1 Dolopo.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: