Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 24 Desember 2009

WAYANG MASUK SMPN 1 DOLOPO, WELEH..WELEH



Wow… sungguh luar biasa!! memang budaya kita yang satu ini masih banyak pecintanya. Namun kali ini bukan sembarang wayang yang masuk di SMPN 1 Dolopo, wayangnya mah biasa (bahasa sunda bilang) tapi… si dalangnya yang luar biasa.

Lho kok bisa? bagaimana tidak, kali ini dalang wayang diperankan oleh dua dalang, yaitu Bimo Maharani (siswa SMA Mejayan 2) dan Angger Resi Setyo Wicaksono yang masih duduk dibangku kelas 3 sekolah Dasar. Pagelaran wayang masuk sekolah ini merupakan agenda tahunan dari Dinas Kabupaten Madiun. Pagelaran ini pada tahun-tahun berikutnya akan tetap dilaksanakan pada sekolah yang ketiban sampur tempat pelaksanaannya.
Tujuan kegiatan wayang masuk sekolah ini selain untuk melestarikan budaya asli jawa, juga memperkenalkan karakteristik wayang itu sendiri pada tiap-tiap siswa. Mengapa? karena memanglah budaya yang satu ini mulai agak tidak dikenal oleh para pelajar di Kabupaten Madiun pada khususnya.
Selain wayang, Dinas Kabupaten Madiun juga terus melestarikan budaya tari Dongkrek yang juga merupakan budaya asli orang Madiun. Wujud dari kepedulian Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun dalam melestarikan tari Dongkrek adalah dengan menyumbangkan peralatan Dongkrek di beberapa sekolahan yang beberapa waktu lalu telah diserah terimakan. Namun sayang sungguh disayang, SMPN 1 Dolopo tidak mendapatkan jatah peralatan Dongkrek. Padahal, seluruh siswa dan para guru sangat antusias untuk ikut melestarikan budaya asli Madiun ini.

Iklan

Responses

  1. .wYaNg’na gKiL aBizZzzz,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    .kOk fHotO oUt bOnD kLz IX uGa d mSukIn ciHhhhhhh. . . ..

  2. semangat Angger…

  3. siiiiiiiiiiiiiiipppppppppp………..

    SMP ku sekarang tambah maju….

    moga outputnya tambah bagus dech…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: