Oleh: SMP Negeri 1 Dolopo Madiun, Jawa Timur, Indonesia | 27 November 2014

SISWA-SISWI SMPN 1 DOLOPO KEMBALI MERAIH KEJURAAN OSN TINGKAT JATIM

DSC07288
Alhamdulillah, tahun ini (2014) SMP Negeri 1 Dolopo berhasil menyabet kejuaraan OSN di Tingkat Jawa Timur. Inilah bentuk kesuksesan yang telah ditanamkan Bapak dan Ibu Guru kepada para siswanya. Ditunjang dengan kemampuan diatas rata-rata siswa-siswi SMP Negeri 1 Dolopo. Bagi yang belum mengetahui apa itu OSN, saya akan berusaha menjelaskan apa itu pengertian OSN dan sejarah pelaksanaanya sehingga bisa menjadi seperti sekarang ini. 🙂

Olimpiade Sains Nasional adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SDSMP, dan SMA di Indonesia yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan propinsi dan karenanya adalah siswa-siswa terbaik dari propinsinya masing-masing.
Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional ini didasarkan pada kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade Fisika Internasional (IPhO – International Physics Olympiad) yang diselenggarakan di Bali pada tahun 2002.
Olimpiade Sains Nasional diadakan setiap tahun di kota yang berbeda-beda. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.
          
Sejarah pelaksanaan

           Sejarah pelaksanaan OSN dimulai tahun 2002, saat Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Olimpiade Internasional Fisika. “Kala itu, sesuai dengan arahan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Indra Djati Sidi, bahwa kita harus siap melaksanakan kegiatan ini dan harus siap pula mencapai tiga sukses, yaitu sukses penyelenggaraan, sukses peserta dan sukses prestasi. Three success itu berhasil dilaksanakan oleh tim Indonesia dengan perolehan 3 medali emas, dan 2 medali perak. Ajang ini diikuti oleh 72 negara di Bali. Kita mendapat kesan yang cukup baik di mata internasional. Dan olimpiade ini dibuka oleh Presiden RI, Megawati.” Tutur Suharlan, SH, MM. “Usai pelaksanaan olimpiade, tim pelaksana punya mimpi, mengapa kegiatan ini tidak dilaksanakan di Indonesia dan bersifat nasional,” lanjut Kasi Bakat dan Prestasi Direktorat Pembinaan SMA.

IPHO 2002, tonggak dimulainya OSN di Indonesia

            Kegiatan itu menurut Suharlan kembali, memperoleh respon positif dari Mendiknas saat itu, Malik Fajar. Ia berpesan pada rektor yang hadir di acara tersebut untuk berfikir cerdas, kalau perlu siswa tingkat nasional diterima di UMPTN dan mengambil anak-anak yang berprestasi dari ajang ini. Selanjutnya, mantan mendiknas meminta agar mulai tahun depan, SD, SMP, dan SMA melaksanakan olimpiade.
            “Kami kemudian berkoordinasi dengan Direktorat terkait, seperti SD, SMP dan SMA untuk menyusun langkah-langkah persiapan, mekanisme dan pelaksanaan, termasuk pembuatan logo, medali emas, perak dan perunggu, juga the best theory dan the best experiment. Saat itu pelaksanaannya belum begitu sempurna. Ajang bergengsi yang diikuti siswa SMA seluruh Indonesia ini, kemudian disempurnakan pada tahun 2003. Tahun itu pelaksanaan OSN sudah berkordinasi dengan SD, SMP dan SMA, kemudian disusul dengan pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP).” Tambahnya.
              Seiring berjalannya waktu, timbul keinginan agar penyelenggaraan OSN tingkat nasional bergiliran di adakan di semua provinsi. Aturan-aturan yang ada di dalam SOP kemudian diberlakukan. Selanjutnya, OSN pun dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Tahun 2003 OSN dilaksanakan di Balikpapan, kegiatan ini sudah melibatkan SD, SMP, dan SMA, dan respon positif datang dari berbagai provinsi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: